LAPORAN PRATIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)

DI SINAR SURYA COM

(Instalasi Windows Xp)

 

 

Nama                       : Akhmad Ula Khabib Munir

NIS                          : TKJ-1004

Kelas                       : XI (sebelas)

Program study         : Teknik Komputer dan Jaringan

 

PEMERINTAH KABUPATEN KENDAL

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MIFTAHUL HUDA

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Alamat : Jl. Kajoran Km. 1Desa Peron Kec. Limbangan Kab. Kendal

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

 

 

 

Laporan Kerja Praktek Industri pada perusahaan sinar surya komputer.dengan judul langkah langkah menginstalasi windows xp telah diperiksa dan disahkan pada :

 

 

hari                  : ……………………………………..

tanggal            : …………………………………..

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Miftahul Huda

Abdul Ghofar S.Pd.I

Pembimbing  Sekolah

Eva Yuli M, S.Pd

LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI

 

 

 

Laporan Kerja Praktek Industri pada perusahaan: SINAR SURYA KOPUTER dengan judul : Menginstalasi windows xp telah diperiksa dan disahkan pada :

 

hari                  : ……………………………………..

tanggal            : …………………………………..

 

 

 

Mengetahui,

Pemimpin (nama DU\DI)

Sitanur Buana

Pembimbing Industri

EDI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di sinar surya com bebengan.

Dengan ini penulis berterima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih  2 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN). Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Kepala SMK Miftahul Huda
  2. Ketua jurusan
  3. Pimpinan Instansi
  4. Guru Pembimbing

Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut.

 

Peron, 14 Februari 2011

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman Judul…………………………………………………………………

i

Lembar pengesahan Sekolah …………….………………….…..…………..

ii

Lembar Pengesahan Industri ………………………………………………………………

iii

Kata pengantar………………………………………….………………………

iv

Daftar isi………………………………………………….………….………

v

BAB I

PENDAHULUAN

1

 

A. Latar Belakang Praktik Kerja Industri .….………………….

1

 

 

B. Tujuan Praktik Kerja Industri …..……….………….………..

2

 

C. Manfaat Praktek Kerja Industri ……………………………….

2

BAB II

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

3

A. Langkah-Langkah Menginstall Windows XP ….…………….

3

B. Memformat Harddisk ……….…….….……..….……………….

13

C. Memperbaiki Harddisk Bad Sector …………..…………………..

13

BAB III

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI …….

17

BAB IV

SIMPULAN DAN SARAN……………………………………

A. Simpulan…………………………………………….………

B. Saran…………………………………………………………

21

21

21

BAB V

PENUTUP………………………………………………………

Lampiran………………………………………………………..

Daftar pustaka…………………………………………………..

22

23

24

 

 

BAB 1

 PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang

Tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kemampuan. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kemampuan tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Sehingga para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan mampu menerapkan ilmu teori dan dipraktekkan dalam dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

  1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
  2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
  3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
  4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

 

  1. B.     Tujuan

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

  1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
  2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
  3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan SMK Miftahul Huda.
  4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.

 

  1. C.     Manfaat

Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan SMK Miftahul Huda dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
  2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
  3. Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan SMK Miftahul Huda.

 

                                            


BAB 2

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

(PRAKERIN)

  1. 1.          Langkah-langkah menginstal windows xp
    1. Sebelum Menginstall Windows XP, siapkan CD OS Windows XP terlebih dahulu kemudian masukkan ke CDROM / DVDROM. Lalu restart komputer anda, lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard.
    2. Lalu anda akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.

 

  1. Setelah itu ubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +/- di keyboard. Lalu tekan F10 untuk keluar dan menyimpan konfigurasi.

  

 

Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan “Press Any Key To Boot From CD”lalu tekan sembarang tombol dengan cepat. Kemudian akan muncul gambar di bawah ini

  1. Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.

 

  1. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C lalu Enter untuk membuat partisi baru pada harddisk. Masukkan kapasitas partisi yang ingin anda buat sesuai keperluan (dalam satuan MB). Untuk menghapus partisi dengan cara menekan tombol D lalu L untuk lanjut.

 

  1. Setelah itu tekan Enter untuk melakukan proses instalasi, arahkan pada partisi C:/ , setelah itu anda akan masuk format partisi C:/ , pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter. Kemudian partisi akan diformat terlebih dahulu, kemudian file akan di copy. Setelah selesai computer akan merestart.

 

  1. Setelah merestart akan muncul tampilan “Press Any Key To Boot From CD”. Untuk kali ini, jangan menekan tombol apapun, karena dapat mengulangi proses instalasi dari awal.

 

  1. Bila sudah, akan tampil gambar seperti ini.

  1. Setelah itu, Windows akan mengcopy file-file ke harddisk Anda.

  1. Setelah itu anda akan sampai pada layar berikut yang berisi “Regional and Language Option” klik tombol “Customize” Untuk memilih Negara, bahasa, dan lainnya. Jika sudah klik Next.

  1. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Anda kemudian tekan Next.

 

 

  1. Disini anda akan mengisikan Product Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next.

  1. Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.

  1. 16.     Setelah itu akan muncul tampilan mengenai “Date and Time Settings” atur waktu dan zona area anda dengan tepat. Klik Next.

  1. Kemudian anda masuk pada pengaturan mengenai “Networking Settings”, akan tampilan dua pilihan. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual. Pilih salah satu, lalu klik Next.

 

  1. Bila anda terhubung pada jaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.

 

  1. Kemudian, Anda telah sampai pada tahap Finalizing Installation, dimana Windows akan menginstall start menu icons, mergister component, menyimpan setting dan terakhir akan membuang file temporary yang tadi digunakan.
  2. Kemudian, computer akan merestart kembali. Sekali lagi muncul tampilan ”Press Any Key To Boot From CD”, sekali lagi jangan menekan tombol apapun, karena akan membuat anda melakukan instalasi dari awal. Kemudian secara otomatis muncul tampilan logo windows.

  1. Pertama kali Windows di load,Windows akan mengatur resolusi monitor Anda. Klik OK.

  1. Windows akan menerima settingan komputer Anda (apply the computer setting) silahkan tunggu beberapa saat.
  2. Kemudian, muncul “Welcome To Microsoft Windows”. Klik Next.

  1. 24.     Selanjutnya Anda akan diminta mengaktifkan firewall dan update otomatis. Untuk sementara waktu pilih Not right now, lalu klik Next.

  1. 25.     Selanjutnya Windows akan menanyakan siapa saja yang menggunakan computer. Masukkan user. Lalu Next.

  1. 26.     Selanjutnya akan muncul ucapan Thank You dan Welcome.

  • Sekarang Anda telah berhasil menginstall Windows XP.

B. Langkah-langkah Memformat Harddisk

 

 

Langkah dan Tahap Format Ulang Hard Disk

  1. Back up / bekap file penting anda yang ada pada hardisk karena dengan format akan menghapus semua file yang ada di hard disk anda. Jika anda punya cd-rw drive atau dvd-rw drive anda bisa membakar file anda ke dalam cd atau dvd. Cara lain backup adalah dengan flash disk, disket floppy,
  2. Setelah backup selanjutnya adalah membuat windows boot disk / rescue disk pada disket floppy 1.4 MB. Disket ini bertujuan untuk booting langsung ke disket tidak melalui harddisk anda. Istilahnya anda akan menggunakan os microsoft dos yang ada pada disket yang anda buat.
  3. Ganti Setting Bios – Saat komputer dinyalakan anda harus langsung masuk ke tampilan bios untuk setting pilihan urutan boot. Caranya ketika komputer baru dinyalakan anda menekan dan menahan tombol delete sampai bios muncul di layar monitor komputer anda. Ganti urutan booting dengan urutan pertama floppy disk.
  4. Format Hard Disk – Setelah bios diganti serta disave anda masukkan disket kemudian restart komputer anda. Nanti komputer anda akan otomatis boot dari disket tersebut dan pilih boot without cd-rom supaya proses booting bisa lebih cepat. Setelah masuk ke command prompt a:\ ketik format c: lalu tekan enter. Disesuaikan dengan jumlah partisi anda yang ada. Jika anda punya partisi 3 buah maka tambah perintah format d: dan format e:. Jika format telah selsesai beri nama drive tersebut sesuai selera anda. Jika semua beres dan berjalan lancar maka proses format ulang telah selesai.

 

  1. C.   Memperbaiki hardisk bad sector

Bad Sector di hardisk secara umum ada 2 macam, yaitu mekanik/fisik dan software. Bad sector mekanik, yaitu seperti permukaan lempeng penyimpan data hardisk rusak secara fisik misal karena tergores, terkena debu, terkena benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software bisa terjadi ketika hardisk sedang sibuk tiba-tiba mati, arus putus dan sebagainya.

Untuk Bad Sector yang berupa kerusakan fisik (mekanik), maka itu diluar pembahasan ini, karena hal itu biasanya tidak bisa (sangat sulit) diperbaiki.

  • Memperbaiki Bad Sector ?
    Jika hardisk sudah terdeteksi terkena bad sector, maka langkah pertama adalah menyelamatkan data-data penting yang ada, baik di simpan di hardisk lain, di copy ke CD atau lainnya. Dan sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah pastikan data-data penting sudah di backup.

Langkahlangkah memperbaiki bad sector :

  1. Format drive atau hardisk yang terdapat bad sector dengan format biasa, misalnya melalui klik kanan di Windows Explorer dan pilih format. Terkadang hal ini bisa menghilangkan bad sector.
  2. Jika langlah awal tersebut tidak berhasil maka bisa dicoba beberapa cara dengan beberapa software gratis berikut:
  • ·    Easeus Partition Manager

Software ini selain bermanfaat untuk membuat / mengedit partisi hardisk ( tampilan mirip Partition Magic), juga bisa digunakan untuk menghilangkan bad sector. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Jalankan Program Easeus partition Manager
  • Pilih drive yang kira-kira ada bad sectornya ( untuk memastikan ada bad sectornya bisa juga di scan melalui easeus ini denganklik kanan drive Pilih menu Advanced > Check Partition )

  • Klik kanan, dan pilih Delete

  • Ketika muncul informasi, maka pilih “Delete Partition and Delete Data”

  • Kalau sudah selesai, klik menu Apply

  • Tunggu sampai selesai.

Perlu diperhatikan, bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan untuk drive selain windows. Dan pastikan datanya selalu diamankan /backup terlebih dahulu.

Easeus partition Manager bisa di download / didapatkan :
http://www.partition-tool.com/download.htm ( pastikan download yang Home Edition (gratis))

  • ·         HDD Low Level Format Tools

Dengan software ini, maka hardisk bisa di format secara mendalam ( di istilahkan low level format). Perlu diperhatikan bahwa dengan low level format, maka semua data di hardisk akan hilang, dan tidak bisa di kembalikan/di recovery lagi. Tetapi cara ini biasanya akan lebih efektif menghilangkan bad sector.

Karena hardisk akan di format seluruhnya, maka hardisk yang akan di proses harus di format di komputer lain ( di lepas dan dipasang komputer lain). Atau jika ada 2 hardisk di komputer, maka hardisk yang tidak berisi windows bisa di format. Berikut langkahnya :

 

  • Jalankan HDD Low Level Format tools
  • Pilih Hardisk yang akan di format. Tentu yang tidak berisi sistem operasi windows. Selanjutnya klik Continue

  • Pilih tab “LOW-LEVEL-FORMAT”, dan silahkan dibaca peringatan yang tampil

  • Jika sudah yakin, maka klik “FORMAT THIS DEVICE”, dan tunggu sampai proses selesai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3

LAPORAN KEGIATAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

No

Hari / Tanggal

Uraian Kegiatan

Keterangan

1.

Senin, 27/12/10 instalasi –         menginstalasi windows 7

–         set up adobe reader

–         aktivasi windows 7

–         set up office 2007

2.

Selasa 28/12/11 instalasi dan service –          set up windows xp

–          set up office 2003

–          bongkar cpu LCD

–          bongkar power suply

–          set up modem

3.

Rabu 29/12/10 instalasi dan service –         set up wenamp

–         set up windows xp

–         set up office 2003

–         mengetes RAM

4. Kamis, 30/12/10 instalasi dan service –         set up win zip

–         set up win rar

–         se up adobe reader

–         mengubah cpu yang lolotmenjadi cepat

–         pasang RGB pada monitor

5.

Jum`at ,31/12/10 service –         invormasi harddisk

–         mengecek harddisk

–         bongkar CPU

6

sabtu, 01/01/11  

LIBUR

7.

Senin, 03/01/11 service –         Pembongkaran dan repair Motherboard

8.

Selasa, 04/01/11      instalasi –    set up windows xp

9.

Rabu, 05/01/11 service –         Pembongkaran dan repair Motherboat

10.

Kamis, 06/01/11      instalasi -Office 2003

-Adobe reader

-Picassa

-Al-Qur’an in word

11.

Jum`at 07/01/11 service –         invormasi harddisk

–         mengecek harddisk

–         bongkar CPU

12.

Sabtu, 08/01/11

LIBUR

13.

Senin, 10/01/11 instalasi –        menginstalasi windows 7

–         set up adobe reader

–         aktivasi windows 7

–         set up office 2007

14.

Selasa, 11/01/11 service –        Mengecek VGA yang tidak detek

15.

Rabu, 12/01/11 instalasi –         menginstalasi windows 7

–         set up adobe reader

–         aktivasi windows 7

–         set up office 2007

16.

Kamis, 13/01/11 instalasi –         tes sound

–         instal utility

17.

Jum`at 14/01/11 instalasi –    set up windows xp

18.

Sabtu, 15/01/11  

LIBUR

19.

Senin, 17/01/11 service –         pasang soud card

20.

Selasa, 18/01/11 service –         Reparasi SO Windows XP

21.

Rabu, 19/01/11   –         Mengetik data laporan

22.

Kamis, 20/01/11 instalasi –         Office 2003

–         aktivasi windows 7

–         set up adobe reader

23.

Jum`at 21/01/11  

  LIBUR

24.

Sabtu, 22/01/11  

LIBUR

25.

Senin, 24/01/11 instalasi –         menginstalasi windows 7

–         set up adobe reader

–         aktivasi windows 7

–         set up office 2007

26.

Selasa, 25/01/11 service –         Printer cannon IP 1880

27.

Rabu, 26/01/11 service –    format harddisk

28.

Kamis, 27/01/11 service –         service monitor

–         pasang play back

–         membersihkan monitor

29.

Jum`at, 27/01/11 service –         mengantarkan monitor

30.

Sabtu, 28/01/11  

LIBUR

31.

Senin, 31/01/11 service –         memperbaiki cpu

–         mengabil printer

–         cek printer

–         pasang cardrid

32.

Selasa, 01/02/11 instalasi –         instal printer

–         service printer

33.

Rabu, 02/02/11 service –         mengganti layar laptop

–         tes layar

34.

Kamis, 03/02/11     burning

 

–    burning aplikasi

35.

Jum`at, 04/02/11     distributor –         mengantarkan note book dan proyektor

36.

Sabtu, 05/02/11  

 LIBUR

37.

Senin, 07/02/11 service –    merakit cpu

38.

Selasa, 08/02/11 instalasi –        set up adobe reader

40.

Rabu, 09/02/11 service –         cek motherboard

–         set up windows xp

41.

Kamis, 10/02/11 service –         bongkar printer

–         membersihkan printer

42.

Jum`at, 11/02/11 service –         format harddisk

–         invormasi harddisk

43.

Sabtu, 12/02/11  

LIBUR

44.

Senin, 14/02/11 instalasi –         set up wenamp

–         set up windows xp

–         set up office 2003

–         mengetes RAM

45.

Selasa, 14/02/11 service –         Reparasi SO Windows XP

–         format harddisk

46.

Rabu, 15/02/11 instalasi –         set up windows xp

–         set up ashampo

47.

Kamis, 16/02/11    

48.

Jum`at 17/02/11     distributor –    distribusi monitor

49.

Sabtu, 18/02/11  

LIBUR

50.

Senin, 20/02/11       service –    service cpu

51.

Selasa, 21/02/11       service –    bongkar monitor

52.

Rabu, 22/02/11       service –         head cleaning pada printer

–         instal priter

53.

Kamis, 23/02/11       service –         membongkar printer

–         pasang cardrid

54.

Jum`at, 25/02/11       service –         mengambil cpu di  SMA I BOJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 4

SIMPULAN DAN SARAN

 

  1. A.    Simpulan

Sebagai kesimpulan laporan akhir berikut ini adalah:

–      Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.

–      Berinteraksi atau mengeluti dunia usaha tidak sangat mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.

  1. B.     Saran

Berikut adalah beberapa saran penulis untuk sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan, yaitu :

–        Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan;

–        Proses pembelajaran ditingkatkan;

–        Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek

–        Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Miftahul Huda.

 

BAB 4

PENUTUP

 

 

Akhirnya dengan limpahan  rahmat ,taufik ,hidayah,serta inayah-Nya penyusun dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab ini walaupun masih  banyak kekurangan dan tidak seperti yang di inginkan. Tidak lupa penyusun mangucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu .

Sebagai manusia biasa penyusun tentu tidak luput dari kesalahan dan kekurangan ,mak dari itu penyusun meminta maaf yang sebesar-besarnya dan apabila ada kelebihan itu semata-mata dari Allah semata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

www Ilmu  Komputer.comV